RSS

Profil Lengkap SMA Negeri 8 Malang


Alamat: Jl. Veteran 37, Malang
Telepon: 0341-551096
Website: www.sman8-mlg.sch.id
Facebook: SMAN 8 Malang 
Pada awal didirikan, SMA Negeri 8 Malang ini masih berupa SMA Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP) IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang), Ngalamers. SMA PPSP IKIP Malang itu kemudian diresmikan secara operasional pada 20 Februari 1972 dengan menempati ruang gedung Tempat Pendidikan Ketrampilan (TPK) di Jalan Yogyakarta kavling 3 s/d 7 (sekarang Jalan Veteran 37).


Dalam proses belajar-mengajar berdasarkan kurikulum yang dikembangkan oleh PPSP IKIP Malang, siswa diarahkan pada dua jalur, yaitu jalur untuk persiapan melanjutkan ke perguruan tinggi dan jalur persiapan terjun ke dunia kerja (vokasional). Sementara sistem yang digunakan adalah sistem belajar dengan modul, sistem kredit, sistem belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Dengan menerapkan sistem ini, siswa dapat belajar dalam waktu yang lebih singkat yaitu empat sampai lima semester, Ngalamers. Sistem ini kemudian diseminasikan Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Lawang, dengan harapan dapat dimanfaatkan sekolah di luar PPSP.

Barulah ketika SMA PPSP IKIP Malang diubah menjadi SMA Negeri 8 Malang, sistem belajar mengajarnya berubah juga. Yakni dengan menggunakan cara belajar siswa aktif melalui pendekatan ketrampilan proses. Disela-sela kegiatan belajar-mengajar, para siswa SMAN 8 Malang juga memiliki kesempatan berprestasi dengan cara mengikuti Program Rotary AFS, begitu pula sebaliknya, sekolah juga sering menerima tamu pertukaran pelajar yang mengikuti program khusus selama satu tahun. Pengalaman sesama pelajar merupakan kesibukan tersendiri yang dapat menambah khasanah pergaulan antar bangsa.
Visi:
Menjadi Sekolah Internasional Berwawasan IPTEK dan IMTAQ dengan Lingkungan Sehat, Damai, Sejahtera, Berkeadilan, Demokratis, dan Mampu Bersaing di Era Global.
Misi:
  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, aman, tertib, dan bersahabat untuk menghasilkan SDM yang berwawasan IPTEK dan IMTAQ
  • Memotivasi peserta didik yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM)
  • Menciptakan kerjasama yang harmonis dengan masyarakat yang didasari sikap saling percaya, dan saling mendukung
  • Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa yang diaplikasikan dalam kehidupan nyata
  • Menumbuhkan pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas, serta sikap peduli dan berbudaya lingkungan
  • Menumbuhkan motivasi belajar seumur hidup
  • Menumbuhkan kegemaran membaca, menulis dan berkarya
  • Menghasilkan SDM yang memiliki etos kerja dan daya saing yang tinggi
  • Menjalin kemitraan dengan sekolah unggul baik di dalam maupun luar negeri
Dalam perkembangannya SMA Negeri 8 Malang harus menggunakan ruang laboratorium dan workshop serta menambah lokal baru oleh BP3 agar KBM dapat dilaksanakan seluruhnya pada pagi hari. Dalam pelaksanaan KBM digunakan sistem kelas berjalan (moving class), Ngalamers. Cara ini pernah dilaksanakan oleh SMA PPSP dalam memecahkan masalah kekurangan lokal dan memberikan dinamika agar siswa tidak jenuh dalam kondisi rutin.


sumber : http://halomalang.com

0 komentar:

Posting Komentar